Kepribadian ini yang secara jelas akan sangat berpengaruh dalam kehidupan orang tersebut.
Para marketer seringkali sulit utk masuk ke para konsumen saat akan ‘menjual’ sesuatu karena krg mengetahui karakter&kepribadian konsumen.
Marketer yg “mendekati” konsumen pd suatu kondisi “direct response marketing” sangat perlu memahami karakter&kepribadian konsumennya.
Terdapat beberapa karakter kepribadian dari segi kejiwaan yang mungkin bisa membantu memahami karakter kepribadian konsumen.
Dari segi kejiwaan, karakter kepribadian konsumen dpt dibagi mjd 2: (1) Kepribadian Paranoid; (2) Kepribadian Histrionik&Narsisistik.
Konsumen dengan kepribadian paranoid menganggap apa yang dilakukan oleh marketer tersebut adalah sesuatu yang sangat perlu dicurigai.
Pendekatan kpd konsumen berkepribadian paranoid adlh dgn memberikan data yg baik&terpercaya tanpa byk basa-basi/bersikap manis berlebihan.
Konsumen dengan kepribadian histrionic dan narsisistik seperti ini akan mudah terayu oleh bujukan dan motivasi dari marketer.
Perhatian marketer perlu difokuskan kepada konsumen berkepribadian histrionic dan narsisistik, jangan pernah mengecewakan mereka.
sumber:
Frontier
@FrontierUpdate Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar