jalindo

Jumat, 12 Oktober 2012

The Psychology of Persuasion



 6 Kunci Prinsip Persuasi, disadur dari buku Influence: The Psychology of Persuasion, Dr. Robert B. Cialdini.

Materi ini sangat powerful, Anda punya pilihan untuk menggunakan demi kebaikan atau mengelabuhi orang

Ada 6 Kunci Prinsip Persuasi,

1.TIMBAL BALIK; Kecenderungan enggan menolak kepada mereka yang pernah berperilaku baik terhadapnya

  • 1a.Fakta: Pelanggan yg diberi ‘hadiah’ didepan, closing 2x lipat dibanding jika diiming2 akan diberi, jika membeli.
  • 1b.Kejadian: seorang sales permen yg memberikan free sample kpd anak kecil, membuat ortunya enggan menolak u/ tdk beli.
  • c.Amati: di mal, byk sales alat pijat yg memberikan layanan pijat, sampai membuat Anda ‘enggan’ menolak pembelian.
  • 1d.Lainnya: para sales yg melayani berkali2 dg sabar, akhirnya akan meluluhkan hati Anda, bahkan ‘tanpa dipaksa’ beli. 
  • 1e.Itulah hukum timbal balik. Jika orang dibaikin, timbul rasa sungkan, enggan untuk menolak
2.KOMITMEN&KONSISTEN; Kecenderungan konsisten thd komitmen yg pernah ia tuliskan atau ucapkan.

  • 2a.Ujicoba: Seeorang menitipkan tas kepada penumpang kereta di depannya. Saat pencuri (pura2) mengambil tas tsb
  • 2b.19 dr 20 org akan berusaha menangkap pencuri tas tsb. Sedangkan hanya 4 dr 20 yg akan mengejar tanpa dititipi.
  • 2c.Tips: Ikatlah seseorang dengan komitmen sekecil apapun, sebisa mungkin tertulis.
3.BUKTI SOSIAL; Kecenderungan untuk mengikuti apa yang kebanyakan orang anggap baik. 

  • 3a.Fakta: Obama tdk hanya memenangkan kampanye di US, tapi juga di ‘Indonesia’, pdhl dia pembela Yahudi.
  • 3b.Why? Karena pemberitaan ttg byknya pendukung dia, membuat kita juga mendukung dia.
  • 3c.Artinya: Kebanyakan orang adalah ‘Me too’, saat kebanyakan orang melakukan.
  • 3d.Tren: Tak pernah terfikir bahwa Kripik Pedas akan menjadi tren di Indo, gara2 1 orang ini → 
  • 3e.Trik: RumahMakan yg rame biasanya enak?! Buatlah RM Anda rame, agar orang berfikir enak.
4.OTORITAS; Kecenderungan mematuhi orang yg difigurkan, diagungkan atau ‘dianggap lebih’.

  • 4a.Fakta: Orang akan lebih percaya diajar oleh seorang bergelar ‘Profesor’ dibanding ‘Sarjana’, lepas dari kualitasnya.
  • 4b.Fakta: Orang yg sama berpakaian rapi dg Jas, mendapatkan nilai lebih daripada saat berjins ria.
  • 4c.Fakta: Jika Anda berkendara mercedes, akan lebih mudah mencari parkir drpd avanza 
5.DISUKAI; Kecenderungan berkata ‘YA’ kepada orang yg disukai.

  • 5a.”83% transaksi bisnis closed, karena pembeli menyukai penjualnya” <Kerry L. Johnson, Sale Magic>
  • 5b:Tips: Bangunlah kesamaan2 agar Anda disukai oleh pelanggan Anda. Perbedaan menciptakan jurang.
  • 5c.Pepatah: Jika cinta sudah melekat, tahi kucing rasa coklat.
6.KELANGAKAAN; Semakin langka sesuatu, smakin besar permintaan.

  • 6a.Fakta: Orang membeli kebutuhan pokok 6x lebih banyak saat dikatakan “Krisis Pangan” akan terjadi
  • 6b.Tips: Kata ‘TERBATAS’ dg komitmen, akan menimbulkan buying power lebih besar drpd ‘Masih Banyak’.
  • 6c.Bukti: Tas Hermes seharga ratusan juta hingga miliaran diburu orang, krn TAK semua BOLEH beli.
Materi diatas adalah INTISARI yg perlu dibaca ulang, resapi, untuk mengembangkan ide2 pemasaran Anda

Twit by:

JURAGAN

JURAGAN

@JayaYEA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar